WAYANG KULIT


Wah pasti mendengar kata wayang kulit udah tidak asing kan ditelinga kita yang orang indonesia ini. Itu lhoh jenis wayang yang bahan pembuatnya adalah lembaran kulit kerbau yang ditatah sedemikian rupa hingga membentuk tokoh tokoh pewayangan tertentu. Wayang kulit sendiri adalah warisan buadaya asli Indonesia yang telah bertahan selama ratusan tahun. Pada saat pementasan wayang setingnya adalah layar putih besar yang kemudian disorot oleh lampu dari belakang,sehingga dapat disebut wayang bayangan .Cerita wayang kulit sendiri pada umumnya berasal dari cerita mahabrata dan ramayana,yang aslinya merupakan cerita pada agama hindu yang telah menyebar ke indonesia
. Pada awal kedatangan islam di pulau jawa,wayang kulit digunakan sebagai sarana siar islam dan dakwah. Hal ini dilakukan para wali karena masyarakat jawa kala itu masih sangat menggemari wayang sebagai hiburan paling populer dan mereka lebih mudah menerima suatu ajaran agama baru tentu saja bila disampaikan dengan baik dan benar melalui sarana hibuarn semacam wayang kulit.
 
Wayang kulit sendiri dipentaskan oleh dalang yang membawa kelengkapan yang disebut cempala yang disaat  dipentaskan juga diiringi oleh rebab. Pada era modern ini wayang sedikit demi sedikit telah tergeser oleh budaya modern. Tetapi wayang masih merupakan budaya populer di masyarakat jawa. Beberapa dalang terkenal di jawa adalah ki manteb sudarsono,Ki anom suroto,dll. Wayang sendiri sering dipentaskan di kota maupun didesa pada saat hari libur nasional,hari raya keagamaan,pesta pernikahan,hari jadi suatu lembaga dan acara hajatan lainnya. Walaupun jaman udah semakin maju niy,tapi tidak seharusnya donk kita melupakan asal usul kita dan budaya luhur yang nenek moyang kita telah wariskan.
0 Responses